JJA (jenjang akademik)

Pendidikan Tinggi adalah jenjang pendidikan setelah Pendidikan Menengah yang mencakup program diploma, program sarjana, program magister, program doktor, dan program profesi, serta program spesialis, yang diselenggarakan oleh perguruan tinggi berdasarkan kebudayaan Bangsa Indonesia, demikianlah penjelasan singkatnya tentang pendidikan tinggi. Bagi yang berkarya dibidang akademik maka perlu memperhatikan pengurusan jenjang untuk memenuhi kwalitas sebagai pendidik dalam ranah skill/kemampuan untuk membagikan ilmu pada buah generasi berikutnya. ^^

Berikut pengalaman saya dalam penyusunan kelengkapan berkas  untuk dikirimkan ke kopertis (koordinasi perguruan tinggi swasta) wilayah 2 yang meliputi provinsi Sumatera Selatan · Lampung · Bengkulu · Bangka Belitung. Alhamdulillah menapaki tahun kedua di politeknik ini,Allah mudahkan untuk melengkapi berkas sehingga sudah memenuhi syarat untuk mengajukan jenjang akademik dengan bukti validasi yang dilegalkan tentunya. pengayaan materi referensi di http://www.kopertis2.or.id/ sebagai bahan bacaan untuk mempermudah pengurusan berkas yang dijelaskan secara bertahap rinci. berikut penyusunan berkas versi saya yang saya pahami lewat panduan web diatas.

  1. surat pengantar dari institusi terkait.
  2. daftar usul penetapan angka kredit jabatan fungsional dosen.
  3. daftar usul penetapan angka kredit jabatan fungsional dosen masa penilaian sampai dengan.
  4. unsur yang dinilai.
  5. unsur yang dinilai yang ada tanda tangan TIM penilai angka kredit institusi.
  6. surat pernyataan melaksanakan kegiatan pendidikan dan pengajaran yang ditandatangani oleh ketua program studi.
  7. surat pernyataan dosen tetap institusi, surat pernyataan tidak sedang studi lanjut baik beasiswa atau biaya sendiri, surat pernyataan tidak sedang menjabat atau pejabat strukturan negara. surat pernyataan tersebut dibuat satu halaman yang ditandatangani oleh kepala institusi dan yang bersangkutan sendiri (dosen terkait).
  8. lembar pernyataan pengesahaan hasil validasi karya ilmiah ditandatangani oleh PD I
  9. surat pernyataan keabsahaan karya ilmiah yang telah diunggah online dan tera-kan(sisipkan) alamat url lengkapnya.
  10. daftar kegiatan penelitian dosen yang dinilai dan diketahui dengan tanda tangan ketua jurusan/program studi.
  11. lembar hasil penilaian sejawat sebidang atau peer review karya ilmiah : jurnal ilmiah.(reviewer 1 dan reviewer 2).
  12. surat pernyataan  melaksanakan kegiatan pengabdian pada masyarakat yang ditanda tangani oleh ketua program studi.

lampiran berkasnya meliputi :

  1. surat alih kelola institusi yang dikeluarkan atas keputusan menteri pendidikan nasional republik indonesia.
  2. surat pengangkatan dosen tetap pada institusi.
  3. badan akreditasi nasional perguruan tinggi beserta sertifikatnya.
  4. fotocopy ijazah s2 dan s1 yang dilegalisir.
  5. printout NIDN.
  6. surat keputusan pimpinan institusi tentang penugasan dosen tetap untuk memberi dan menguji matakuliah.
  7. keputusan pimpinan institusi tentang pembimbing tugas akhir mahasiswa dan lampirkan juga halaman muka / halaman persetujuan yang ada nama bersangkutan sebagai dosen pembimbing.
  8. surat keputusan pimpinan institusi bahwa yang bersangkutan ditugaskan sebagai penguji tugas akhir dan lampirkan juga halaman muka / halaman pengesahan yang ada nama bersangkutan sebagai dosen penguji.
  9. surat keputusan pimpinan institusi tentang pembimbing akademik mahasiswa program studi.
  10. tanda bukti, sertifikat atau surat tugas melakukan kegiatan pengembangan diri untuk meningkatkan kompetensi dosen lamanya misalkan 30-80 jam.
  11. surat tugas untuk melakukan pengabdian pada masyarakat
  12. 2 buah buku jurnal program studi yang asli dan ada penulis dari luar institusi, sertakan juga file fisik foto copynya. jurnal tersebut 2 kali terbit dalam satu tahun.

catatan dan usulan :

  1. pengajuan jenjang akademik ini dilakukan sendiri oleh dosen yang bersangkutan mulai dari pengumpulan informasi dan pengayaan materi sampai pada tanda tangan dan pengantaran berkas tersebut ke kopertis. dan tulisan ini merupakan pengalaman pertama saya untuk melakukan sharing pengurusan jenjang akademik asisten ahli. kemungkinan akan berbeda pula pengurusan jenjang akademik ini jika pada institusi lainnya.
  2. usul saya buatlah berkas tersebut menjadi 4 rangkap, 2 rangkap untuk kopertis. 1 rangkap untuk institusi dan satu lagi untuk arsip sendiri.
  3. dua rangkap dokument/berkas tersebut, susun dalam sebuah case document dan diikat dengan tali supaya tetap utuh/doctidak terpisah dari file yang lainnya. sehingga memudahkan bagian personal-kepegawaiannyanya untuk melakukan checking, penilaian dan disposisi alih tempat pemeriksaan. berikut file gambar berikut.
  4. pada saat penyerahan berkas, yang perlu diingat adalah lembaran serah terima yang telah di stempel dan ditandatangani oleh bagian humas disimpan sebagai tanda terima bahwa berkas kita telah diserahkan untuk diproses.
  5. jika ada kekurangan syarat dalam pengajuan JJA ini, maka pihak kopertis akan menelpon dosen tersebut untuk melengkapi/menyusulkan berkas yang kurang tersebut untuk diserahkan ke kopertis bagian kepegawaian.
Advertisements

About Mr. Zaid Romegar Mair, ST., M.Cs

Man jadda wajada. Man shabara zhafira. Man saara ala darbi washala. because time is a sword, we have the same time is 24 hours a day. if your time is not used for religious (dien) then it will run out as well but not for religion (dien). thank you for stopping in my blog. introduce my profile. Zaid Romegar Mair received a ST in informatics Engineering (2008) from Ahmad Dahlan University, Yogyakarta, Indonesia. He then pursued higher degrees in the Gadjah Mada University, Yogyakarta Indonesia a M.Cs in Computer Science (2013). 2 weeks after post graduation married with woman of graceful intelligent bukittinggi western Sumatra that Nikmah Rasyid Ridha. blessed with a handsome boy Muhammad Amjad Nuhamair. from 2014 until now be lecturer Politeknik Sekayu,South Sumatera Indonesia. Interest in Data Mining, Digital Forensic and Artificial Intelligent. Now get a duty to support the theory and practical courses Computer Networking, Operating Systems, Algorithms and Data Structures, Human-Computer Interaction, Graphic Design, Office Applications, Typing 10 Finger and Applied Mathematics.
This entry was posted in akademik and tagged . Bookmark the permalink.

One Response to JJA (jenjang akademik)

  1. Pingback: Berbagi pengalaman tentang serdos 2017 I | Tie Up science by sharing

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s