Berbagi pengalaman tentang serdos 2017 I

فَبِأَيِّ آلَاء رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ

“Maka nikmat Tuhan manakah yang kamu dustakan?” (QS. Ar-Rahman [55] ).

Alhamdulillah…  walau 7 samudra sebagai tinta, semua pohon yang tumbuh sebagai pena dan dedaunannya sebagai kertas. maka tak pernah akan habisnya nimat-nikmat itu jika dituliskan, hingga semuanya kering dan lenyap, namun rahmat Mu tetap tercurah pada hamba yang iman dan taqwa, walaupun hakekatnya adalah sebagai ujian fatamorgana, karena  Dunia adalah penjara Bagi Orang Mukmin. Allahumma lakal hamdu wa lakalsyukru.

melamar di perguruan tinggi ini  (Politeknik Sekayu), status saya adalah fresh graduate dalam program pascasarjana bidang keilmuan computer science, yang kemudian diterima sebagai dosen tetap institusi yang telah di SK-kan, dengan peraturan-peraturan yang berlaku didalamnya. disemester ini pun NUPN saya terbit. tidak terlalu lama menunggu, dengan melengkapi berkas-berkas yang dibutuhkan akhirnya NIDN pun menyusul diterbitkan ditahun yang sama. setelah melewati tiga semester dalam kegiatan belajar dan mengajar selaku dosen tetap, maka di semester keempatnya (menginjak ke dua tahun masa kerja) saya mengajukan jenjang akademik sesuai dengan alur prosedur yang ada pada kopertis 2. penghitungan angka kredit melalui karya dan penelitian, pengabdian pada masyarakat serta tridharma perguruan tinggi. (baca : pengajuan berkas untuk JJA) alhamdulillah dengan kesabaran menunggu selama kurang lebih tiga bulan jenjang akademik/ jabatan fungsional sebagai asisten ahli pun sudah diterima, dengan nilai angka kredit yang melampaui jumlah kredit point yang ditetapkan, berdasarkan SK yang dikeluarkan oleh kemenristekdikti kopertis wilayah 2. namun sisa angka kredit point tersebut tidak bisa digunakan untuk kenaikan jabatan akademik/fungsional dosen ketahapan selanjutnya, (*sumber : senior yang telah lebih dahulu).

kurang lebih tiga bulan setelah SK jabatan akademik diterbitkan, SK inpassing-pun diperoleh  dalam pangkat penata muda tingkat I golongan III/b. Alhamdulillah, Allahumma lakal hamdu walakal syukru. jazakumullah khoiran katsiron saya ucapkan pada panitia yang melakukan penilaian berkas-berkas kami, yang saya lihat sangat menumpuk diruang kepegawaian tersebut, atas pelayanan dan bantuannya.

satu bulan setelah SK inpassing diterbitkan, saya menerima informasi dari operator PT (yang baik hati dan ramah, pak ardiles namanya ^^) di tempat saya bekerja, bahwa nama saya masuk kedalam daftar yang akan mengikut sertifikasi dosen tahun kuota 2017 sesi 1. dengan persyaratan yang telah dilalui, yang meliputi :

  1. Memiliki kualifikasi akademik sekurang-kurangnya S2/setara dari Program Studi Pasca Sarjana yang terakreditasi;
  2. Dosen tetap di perguruan PTN atau dosen DPK di PTS atau dosen tetap yayasan di PTS yang telah mendapatkan surat keputusan inpassing/penyetaraan
  3. Telah memiliki masa kerja sekurang-kurangnya dua tahun di perguruan tinggi tempat dosen bekerja sebagai dosen tetap;
  4. Memiliki jabatan akademik sekurang-kurangnya Asisten Ahli;
  5. Melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi dengan beban kerja paling sedikit sepadan dengan 12 (dua belas) sks pada setiap semester di Perguruan Tinggi di mana DYS bekerja sebagai dosen tetap.

sebelum berlanjut ke perjalanan data dosen yang akan disertifikasi, berikut saya rangkum beberapa istilah yang perlu (menurut saya) untuk diingat, yaitu :

  • DYS = Dosen yang Disertifikasi (Peserta)
  • PTU = Perguruan Tinggi Pengusul
  • PTPS = Perguruan Tinggi Penyelenggara Sertifikasi
  • PSD = Panitia Sertifikasi Dosen
  • PP = Penilai Persepsional
  • Asesor = Penilai Deskripsi Diri

 

 

 

tabel disamping  merupakan perjalanan data serdos yang saya ambil sebagai referensi, yang mana tabel tersebut menginformasikan  tentang tahapan bagi para dosen yang akan dicalonkan sebagai penerima sertifikat pendidik  dosen, yang gunanya untuk meningkatkan mutu pendidikan nasional, memperbaiki kesejahteraan dosen dan meningkatkan profesionalitas dosen yang berkelanjutan. asisten ahli merupakan jabatan fungsional akademik tahap awal yang dilalui oleh seorang dosen, dalam berkarir. kemudian berlanjut ke jenjang lektor, lektor kepala dan guru besar.

bagi para dosen yang datanya eligible dan memenuhi untuk dosen yang akan disertifikasi (D1 D2 D3), kemenristekdikti kopertis akan mengirimkan undangan untuk sosialisasi sertifikasi dosen untuk dosen yang belum disertifikasi, yang namanya masuk kedalam daftar terlampir untuk mengikuti pelatihan pada waktu dan tempat yang telah ditentukan. dalam menghadiri pelatihan ini, jangan lupa membawa surat tugas asli dari pimpinan perguruan tinggi swasta masing masing pada saat pelaksanaan. panitian hanya menyediakan konsumsi selama pelaksanaan saja (yang perjalanan/jarak kotanya agak jauh, perlu disiapkan perbekalan yang cukup ya), supaya fresh. peserta wajib mentaati tata tertib pelatihan dan yang terakhir yaitu sosialisasi tersebut diperuntukkan bagi yang belum lulus sertifikasi, sesuai pada daftar yang terlampir.

setelah pelatihan usai, para peserta diminta untuk melengkapi komponen yang ada pada D4 yaitu validasi biodata, upload foto dengan ukuran yang tidak boleh lebih dari yang ditetapkan, pengisian CV, penilaian persepsional diri, nilai bahasa inggris dan potensi akademik / TOEP dan TKDA. mendaftar dan melakukan tes pada lembaga yang kredible atau perguruan tinggi/ institusi yang ditunjuk untuk mengadakan tes tersebut.pusat layanan tes indonesia merupakan tempat tes yang saya ambil untuk melengkapi berkas pada tahap d4. bisa dikunjungi pada link berikut https://plti.co.id/ . alhamdulillah saya mendapatkan lokasi tempat tes yang tidak begitu jauh yaitu di unsri indralaya. mendaftar dan membayar dengan sistem yang sudah disiapkan. berikut ini contoh kartu peserta tes.

 

 

 

 

terkadang pelaksanaan tes diluar prediksi yang telah diperkirakan, baca juga tulisan saya tentang : penundaan tes plt unsri, kisi tes bahasa inggris/toep.

sembari menunggu jadwa tes, saya melakukan pengisian update data yang diperlukan pada tahap d4. dengan melakukan login pada http://serdos.dikti.go.id/. inputkan username dan password yang diberikan melalui operator PT. update password dan remember. lengkapi tahap satu sampai lima, jika sudah ada tanda benar warna hijau, artinya data tersebut sudah diverifikasi. pada tahap 5, jika dari PLTI telah mengumumkan skor nilai toep dan tkda, maka nilainya akan otomatis terisi pada kolom nilai yang telah disediakan oleh sistem.

berikut ini adalah contoh deskripsi diri pada tahap d5. menceritakan kondisi, keadaan dan suasana yang yang dilakukan selama menjadi dosen. dengan batasan jumlah minimal karakter yang telah ditetapkan. namun, rata-rata tulisan saya dalam setiap komponennya, melebihi jumlah karakter yang telah ditetapkan. kemudian setelah semuanya selesai saya tuliskan, maka yang saya lakukan adalah mengecek tulisan saya sendiri dengan tools plagiarism, jika sudah 100% unique saya postingkan ke sistem yang telah disiapkan. alhamdulillah selama 3 hari, selesai sudah menuliskan apa yang telah saya lakukan dalam perjalanan tridharma perguruan tinggi. alhamdulillah, dan saya ingin berbagi pengalaman lulus serdos tahun 2017 sesi I tentang deskripsi diri yang sederhana ini namun berkualitas menurut saya…

Advertisements

About Mr. Zaid Romegar Mair, ST., M.Cs

Man jadda wajada. Man shabara zhafira. Man saara ala darbi washala. because time is a sword, we have the same time is 24 hours a day. if your time is not used for religious (dien) then it will run out as well but not for religion (dien). thank you for stopping in my blog. introduce my profile. Zaid Romegar Mair received a ST in informatics Engineering (2008) from Ahmad Dahlan University, Yogyakarta, Indonesia. He then pursued higher degrees in the Gadjah Mada University, Yogyakarta Indonesia a M.Cs in Computer Science (2013). 2 weeks after post graduation married with woman of graceful intelligent bukittinggi western Sumatra that Nikmah Rasyid Ridha. blessed with a handsome boy Muhammad Amjad Nuhamair. from 2014 until now be lecturer Politeknik Sekayu,South Sumatera Indonesia. Interest in Data Mining, Digital Forensic and Artificial Intelligent. Now get a duty to support the theory and practical courses Computer Networking, Operating Systems, Algorithms and Data Structures, Human-Computer Interaction, Graphic Design, Office Applications, Typing 10 Finger and Applied Mathematics.
This entry was posted in karir dosen and tagged . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s