Islamic Parenting

Introduction

Alhamdulillah syukur kepada Allah SWT secara istiqomah atas nikmat yang tak terhingga, karena dilahirkan sebagai seorang hamba yang iman dan islam. Sebagai seorang muslim wajib hukumnya mencontoh figur insan terbaik secara mutlak,   yang bahkan  namanya disandingkan dengan nama Allah SWT yaitu dialah baginda Nabi Rosulullah Muhammad SAW dalam setiap segi kehidupan dalam twenty four hours one day and night. Mulai dari bangun tidur sampai menjelang tidur kembali. Terlebih lagi tentang cara mendidik anak.

Mereka yang baru lahir diibaratkan sebagai sebuah hardisk kosong yang terangkai dengan sistem komputer dengan kapasitas dan spesifikasi yang telah ditetapkan seribu tahun sebelum ia dilahirkan. Hardisk ini siap menerima dan dioptimalkan sesuai kadar yang  ditentukan oleh penciptanya.

Sejatinya guru besar dalam hidupnya adalah orang tua, yang menjadikan sebuah universitas kehidupan untuk menggapai nilai CUMLOUDE pada ruang kelas dunia fatamorgana. Tugas orang tua berupa mendidik, mengarahkan dan membimbing  untuk mewujudkan investasi  dalam memperoleh prestasi tertinggi pada derajad yang telah ditempatkan the Creator in this universe is Allah SWT. what is that? mimbar mutiara yang dirindukan dan akan terus naik sampai pada puncak tertinggi karena telah melahirkan para generasi Qur’ani yang mengamalkan kehidupan kekasihNya.

Tujuan kamimaster Plan adalah membentuk generasi penghafal yang cinta Al-Qur’an, penghafal Hadits dan mampu menafsirkan Al Qur’an, Faham akan Sirah Nabawiyah  sehingga Tawadhu, sabar, ikhlas, jujur, tahan uji, itiqomah, lurus niat menjadi sifat karakternya dalam mengimplementasikan amal dan profesional dibidangnya dengan mensinergikan ilmu pengetahuan dan teknologi serta tidak meninggalkan sunnah tentunya.

Sungguh masih jauh perjalanan kami untuk mewujudkannya, namun usaha, niat, semangat dan doa tetap kami ikhtiarkan dalam setiap proses pembelajaran yang tersusun dalam master plan kehidupan Rabbani ala “NIZA MAIR”.

 

Tasbih Ta’aruf in September 11st 2012

mas kawinSubhanallah, satu lafadz terucap untuk mu. Ikatan mahabah rindu yang terpelihara untuk cinta yang di persembahkan hanya pada Nya, telah terpatri pada pribadi indah yang Dia amanahkan pada bakat mu wahai wanita perhiasan terindah dunia. Perbedaan yang ku rasa dalam setiap taaruf terjawab pada dirimu ketika Dia pertemukan kita, seolah telah menjadi …skenario hidup yang diatur jauh sebelum diciptakannya semesta. Jodoh dan kematian adalah rahasia-Nya yang tersembunyi dalam tabir keghaiban-Nya, dan tersimpan dengan indah dalam tiap lembar daun di lauhul mahfuzh. Sedangkan aku dan engkau dua pribadi beda yang direncanakan untuk melengkapi sempurnanya hidup terlebih untuk waktu yang selamanya….

Kagumpun tersimpan pada hati yang tersembunyi, tak seorangpun tahu melainkan Dia yang memiliki ku, kuusahakan dengan doa dan tasbih ketika istikharah memanggilku untuk memantapkan inginan, sajadah cinta dengan harap dan ridhoanNya menghiasi setiap pertigaan malam dipenghujung menjelang subuh, istiqomah insyaallah, sehingga Dia berikan kemantapan hati dalam setiap mujahadah amal karena Nya…

Alhamdulillah, satu lafadz terucap hadiah ku pada mu, tanpa sepengetahuan mu kecuali Dia yang hanya memiliki ku, syarat ku ada memenuhi pada riwayat yang engkau tulis, hingga membawanya dan terbaca hingga sumatera selatan tempat berpijak bumi kelahiran ku, karena itu yang ku mau, yaitu ridho Allah ada pada ridho orang tua, musyawarah atas dasar agama untuk menyempurnakan dua hati. Aku mencintai mu ada sebab, dan ada hal yang membuatku jatuh cinta padamu, dan kau pun akan mencintaiku.. Dan ketika itu terjadi, semua telah terangkai dengan indah dalam kerangka kehalalan.

Dengan makna lafadz basmallah, aku suratkan dalam hati mu bahwa aku cinta engkau karena Allah SWT. Karena Dia kuasa memberikan rasa senang di hati ku, tidak ada yang aku khawatirkan Semoga Allah pelihara dan simpan inginan ini hingga waktu yang telah ditetapkanNya hingga halalnya kita dalam 1 cita-cita dalam kalimat iman LAA ILAHA ILLALLAH.

Kini,.. halal mu adalah halal ku, pada hari Minggu dua puluh tiga February duaribu empat belas. fase demi fase telah bermetamorfosis dalam pasca akad yang telah diikrarkan. Memiliki visi yang sama dalam satu pemikiran, hanya mempersembahkan yang terbaik untuk Nya dalam hidup,karena Dialah yang pertama yang tidak punya awal (The First that have no beginning) dan yang terakhir tetapi tidak punya pengakhiran (The last that have no end). Sekarang hijrah ku tak sendiri lagi, karena Dia telah melengkapkan sayap yang sebelah. Allah hantarkan kita kembali untuk menikmati kota gudeg sebagai simulasi awal ta’aruf yang berlanjut. Sehingga Allah tempatkan kita lagi di bumi sekayu muba. Ada banyak rencana Allah yang menjadi kejutan bahagia dalam menghadapi hidup. Mari kita beristiqomah bersama bergandeng membentuk generasi rabbani para pejuang Allah yang hafal dan cinta Al Qur’an menjadikannya terbaik dengan mencontoh orang-orang terbaik yang diridhoi Allah SWT. Bersedia InsyaAllah.

History Mu’tah Resume Kepahlawanan Sahabat dan Jeniusnya Strategi Khalid bin Walid menjadi makna nama Amjad Muhammad Nuhamair

       kronologi nama amjad  Tercatat dalam tinta emas sejarah islam yang mengagumkan, perjuangan dengan keyakinan tauhid sempurna yang menorehkan kegemilangan cahaya islam yang semakin besinar,sehingga memikat untuk mencatatkan kembali dalam perjalanan hidup anak manusia, yang kami torehkan lagi dalam kisah Amjad Muhammad Nuhamair. dibalik lantunan kumandang adzan 10 jumadil awal 1436 H /01 Maret 2015 M, ahad subuh 04.57 WIB menyambutnya dengan takbir bersahutan dari rumah-rumah Allah dibumi sekayu musi banyuasin sumatera selatan, membesarkan Nya bahwa hanya Dialah yang akbar. Beratnya 3800 gram dan panjang 52 cm. kronologi nama tersebut kami hubungkan dengan sejarah dalam kemenangan Mu’tah (kejadian sama dalam bulan jumadil awal). Ketangkasan/kemahiran (mean : Mair) sahabat r.hum dalam mengatur kecedasan (Mean:Nuha) siasat/strategi perang ketika tampuk komando beralih pada Khalid bin Walid, yang sebelumnya Rasulullah Shallallâhu ‘alaihi wasallam berkata:

“Pasukan ini dipimpin oleh Zaid bin Haritsah, bila ia gugur komando dipegang oleh Ja’far bin Abu Thalib, bila gugur pula panji diambil oleh Abdullah bin Rawahah –saat itu beliau meneteskan air mata- selanjutnya bendera itu dipegang oleh seorang ‘pedang Allah’ dan Akhirnya Allah Subhânahu wata‘âlâ memberikan kemenangan. (HR. Al-Bukhari).

Sehingga Allah muliakan (mean: Amjad) dan naikkan derajad mereka disisiNya Semoga Allah mudahkan dia nantinya untuk meniru orang-orang sukses yang diridhoi sebagaimana mereka yang telah ridho pada RabbNya. Harapan tersebut menjadi Do’a untuk menaikkan derajad orang tuanya di sisi Allah SWT kelak. Aamiin. berikut ringkasan catatan sejarah “The War of Mu’tah”

Mu’tah merupakan sebuah daerah yang letaknya dekat dengan Palestina (dulu masuk wilayah Syam). 3.000 pasukan muslim menghadapi 200.000 orang. Aliansi antara kaum Nasrani Romawi dan Nasrani Arab di sekitar dataran Syam, jajahan Romawi. Terjadi pada tanggal 5 Jumadil Awal tahun 8 H atau tahun 629 M. . Sebuah pasukan terbesar yang dimiliki kaum muslim setelah perang Ahzab.

Rasulullah Shallallâhu ‘alaihi wasallam berkata:
“Pasukan ini dipimpin oleh Zaid bin Haritsah, bila ia gugur komando dipegang oleh Ja’far bin Abu Thalib, bila gugur pula panji diambil oleh Abdullah bin Rawahah –saat itu beliau meneteskan air mata- selanjutnya bendera itu dipegang oleh seorang ‘pedang Allah’ dan Akhirnya Allah Subhânahu wata‘âlâ memberikan kemenangan. (HR. Al-Bukhari).

Peperangan ini merupakan peperangan pertama bagi Khalid bin Walid setelah beberapa waktu lalu masuk Islam. Ia menjadi prajurit bawah komando orang-orang yang telah ditunjuk Rasulullah SAW. Akhirnya, kedua pasukan bertemu, lalu terjadilah pertempuran yang hebat dan tidak seimbang. Zaid bin Haritsah berperang sambil memegang bendera kepemimpinan, kemudian gugur. Setelah itu, bendera kepemimpinan diambil oleh Ja’far bin Abi Thalib. Ia juga gugur, kedua tangannya putus, dan di tubuh bagian depan terdapat 90 lebih luka tusukan pedang dan panah. Kemudian, bendera kepemimpinan diambil oleh Abdullah bin Rawahah. Ia juga syahid di jalan-Nya. Setelah itu, salah satu dari pasukan mengambil bendera kepemimpinan dan diberikan kepada Khalid bin Walid. Meskipun sudah menolaknya, seluruh pasukan memilihnya. Strategi perang yang dibuat Khalid bin Walid membuat pasukan musuh merasa takut dan akhirnya musuh mengundurkan diri dari medan pertempuran. korban dari pihak muslim hanya 12 orang, sedangkan pasukan Romawi tercatat sekitar 20.000 orang.

Educate Amjad Nuha

Manakala seseorang di antara kalian sebelum menggauli istrinya terlebih dahulu mengucapkan ‘Bismillaahi, Allohumma janibnaasy syaithoona wa jannibi syaithoona maa rozaqtanaa’ (dengan menyebut nama Allah, Ya Allah, hindarkanlah kami dari gangguan setan dan hindarkan pula anak yang akan Engkau anugerahkan kepada kami dari gangguan setan), kemudian dilahirkanlah dari keduanya seorang anak,niscaya selamanya setan tidak akan mengganggunya.” (Muttafaqun ‘Alaihi).

Subhanallah, Rasulullah sendiri yang mengatakan bahwa seorang anak yang lahir dengan awal yang baik maka selamanya tidak akan diganggu setan.

♥♥ ♥♥

(¯’v´¯)

      ‘·.¸.·´
¸.·´… ¸.·´¨) ¸.·*¨)

(¸.·´ (¸.·´ .·´ ¸¸.·¨¯’·. ♥♥  Sungguh  kita terpesonakan oleh kalimat-kalimat di atas!

itulah kesempurnaan  islam, keindahannya nampak jelas bagi orang-orang yang diberikan nikmat berfikir dan bersyukur atas diciptakannya sebagai hamba.

aqiqahAmanah dari Rabb telah tertitipkan berupa penerus generasi ummat untuk memenuhi bumi dengan kalimat iman. his name is Amjad Muhammad Nuhamair, maka perintah sunnahpun datang kepada orang – orang muslim, “Anak tergadai dengan aqiqahnya. Disembelihkan untuknya pada hari ketujuh (dari kelahirannya)”. (HR al-Tirmidzi, Hasan Shahih), karena melihat keadaan dan kondisi ummanya, maka hari ketujuhpun terlewatkan untuk melaksanakan pernyataan hadits diatas. Sehingga aqiqahnyapun kami laksanakan pada hari ke empat belas di Kurungan Nyawa OKUT Sumatera Selatan(read:kampung kelahiran abati) dengan menyembelih dua ekor kambing, hadiah dari nyayi maimunah.

        Alhamdulillah terimakasih nyayi sayang. Alhamdulillah terimakasih juga untuk kebaikan yang terdalam untuk nenek cinta dari kami (the little family of nizamair), karena telah meluangkan harta, diri dan waktu dari bukittinggi menuju bumi sekayu untuk menghibur, membantu, mengajari tentang ilmu dan pengalaman dalam menghadapi anak. Pertemuan dan perpisahan hanya karena Allah SWT. Sanjungan tiada terkira kepada junjungan insan terbaik Baginda Nabi SAW yang kami bersholawat padanya, semoga pahala sholawat kami untuk nabi SAW, Allah SWT balaskan dengan bersolawat pula kepada kedua orang tua kami yang tercinta Umi Cinta, Buya, Alm Ayahanda (semoga Allah SWT luaskan kuburannya seluas mata memandang dan menjadikan kuburnya sebagai taman-taman syurga) dan Uminda Sayang. Really We Lve Them so much cause ALLAH SWT!.

Hal tepenting adalah syukur kami atas putra pertama yang Allah SWT amanahkan dan berusaha menjadikannya sebagai investasi terbaik kami untuk kehidupan yang lama, panjang tak terbatas, ada permulaan namun tiada akhirnya, karena waktu telah dimatikan oleh Allah SWT, ya… itulah hari yang akan kita temui nanti yaitu  akhirat. jika awalnya dimulai dengan baik, maka insyaAllah pertengahannya-pun akan baik, dan memberikan hasil yang baik pula… semoga! Aamiin.

Berikut master plan ala kami, yang tertuangkan dalam kronologi singkat the record of our programm dalam mendidik dimulai sejak  dilahirkan ummanya (his mother) sampai umur 11 bulan (pada saat  tulisan ini terbit).

♥♥ First Lesson ‘ ♥♥

Saat awal pasca melahirkan tentunya abati  dan ummanya (read : his parents are father and mother) menyesempurnakan misi dan visi atas anak, yang kemudian Alhamdulillah tersimpulah ide dan ilham untuk mendidik anak sendiri (read:education on home schooling) dengan memprioritaskan amal dan hafalan untuk putra kami, sejak dini. Sebuah pepatah mengatakan belajar diwaktu muda bagai mengukir diatas batu, sedangkan belajar di waktu tua seperti menulis diatas air ^^.

Dibulan pertama mulai melafadzkan doa – doa secara jelas, seperti ketika anak bangun tidur maka kami pun membacakan doa bangun tidur dan begitu juga dengan aktivitas yang lain seperti hendak makan maka kami melafadzkan doa makan/ minum ASI, doa pada saat turun hujan. Doa akan tidur, doa dipagi hari dan sebagainya.

♥♥ Second Lesson ‘ ♥♥

flashcarrd hijayahAda 29 huruf hijayah yaitu :ا ب ت ث ج ح خ د ذ ر ز س ش ص ض ط ظ ع غ ف ق ك ل م ن و هـ ء ي.

29 huruf hijaiyah tersebut kami ambil 2 huruf setiap harinya secara urut mulai dari ا sampai ي untuk diucapkan didepan anak sembari menunjukkan kartu yang sudah terpotong yang tertuliskan huruf hijayah tersebut secara terpisah. dengan harapan Allah SWT memberikan kekuatan pada anak kami untuk mendengar dan menyimpannya dalam memory internalnya. Kegiatan ini, kami lakukan pengulangan 10x setiap selesai sholat wajib dalam sehari semalam.

Pada hari keempat huruf-huruf hijayah yang sudah ditampilkan didepan anak dan didengarkan lafadz pengucapannya, dirandom dan dilakukan kegiatan yang sama seperti pada saat hari ke 1,2,dan 3. berarti ada 6 huruf hijaiyah yang diulang secara random untuk dilakukan pembelajaran seperti pada hari ke 1, 2 dan hari 3 pada hari keempat. kegiatan lainnya yang kami lakukan selain berusaha menampilkan huruf-huruf hijaiyah dalam 10 repatisi dalam 1 setnya, juga kami melakukan tadarus/mengaji didekat nuha (red:putra pertama kami) minimal 1 juz sehari, begitulah kegiatan yang kami lakukan. Metode pembelajaran ini kami terapkan pada saat umur nuha 3-4 bulan.

♥♥ Third Lesson ‘ ♥♥

umma        Perjalanan 18 jam dari bumi sekayu muba menuju bukittinggi menjelang hari yang Fitri 1436 H merupakan perjalan terjauh pertama pasca dilahirkannya, yang sebelumnya telah melewati jogja – bukittinggi – kinali – sekayu  ketika masih dalam kandungan 7 bulan dalam fase kedua perjalanan hidup anak manusia. dua bulan di kinali pasaman barat melanjutkan pembelajaran nuha dalam pengenalan huruf hijaiyah dengan menggunakan flahcard secara random ditambah dengan mempraktekkan doa-doa yang dilafadzkan secara jelas didekat nuha dalam aktivitas kesehariannya, juga melafadzkan surat-surat pendek 10 surat terakhir dalam juz amma (juz 30) dengan satu surat dalam sehari. Metode pembelajaran ini kami terapkan pada saat umur nuha 5-6 bulan di kinali bersama dengan double umma.  Terimakasih umma telah menjadi partner kami untuk menghafal  ^^.

       Alhamdulillah banyak perjalanan tadabur alam yang dilewati bersama keluarga selama di  sumatera bagian barat because traveling is my hobby his umma says. Barakallah jazakumullah khairan katsiron yang telah mendampingi the little family of nizamair untuk berfikir bersama tentang khasanah dan Maha Besar Allah dalam semua ciptaanNya dengan menyaksikan keindahan ragami makhluk yang pada hakekatnya dicipta untuk berkhidmat pada manusia.

5 Mei 2016 jamaah srilangka gerak di sekayu 3 masjid

1SEKAYU, Jamaah beserta maqomi tempatan mahala Al ashri mengkhususi Bupati Muba Beni Hernedi. Jamaah dari Negara Sri Lanka berjumlah enam orang. amir jamaahnya Bapak Hilmi.

2belajar menjadi mediator penterjemaah antara jamaah dari srilangka dengan yang dikunjungi. kunjungan kepada umara’, khoas dan panti amal bakti.

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s