Pengabdian kepada Masyarakat

Download Pengabdian Masyarakat.pdf

     Sebagai salah satu bentuk kepedulian Unit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (UPPM) POLITEKNIK SEKAYU dalam mengembangkan wilayah terpadu, yaitu dengan diselenggarakannya pelatihan komputer bagi para guru dan staf SD Negeri 8 Sekayu Musi Banyuasin. Upaya ini perlu dilakukan karena sebagian besar guru dan staf pada SD Negeri 8 Sekayu belum lancar dalam pengoperasian komputer dengan sistem operasi windows 7 khususnya aplikasi perkantoran berupa Microsoft office yang terdiri dari Microsoft Word, Microsoft Excel dan Microsoft Power point.
Hal ini didasarkan pada hasil prasurvey yang dilakukan oleh Tim Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat POLITEKNIK SEKAYU memandang perlu pelatihan program Microsoft Word, Microsoft Excel dan Microsoft Power Point untuk diselenggarakan. Program UPPM ini juga sekaligus sebagai tanggapan terhadap keinginan para guru dan staf SD Negeri 8 Sekayu, yang sejak lama merasa bahwa mereka belum cukup mampu untuk menggunakan program-program komputer tersebut dalam menunjang pekerjaannya sehari-hari di sekolah.

Kesimpulan
      Program pelatihan komputer dasar ini telah berjalan sesuai jadwal yang telah direncanakan. Berdasarkan tanggapan,respon, dan partisipasi dari para guru dan staf SD Negeri 8 Sekayu Musi Banyuasin dapat disimpulkan bahwa para guru dan staf telah merasa puas adanya pelatihan komputer dasar ini karena mereka telah bisa mengaplikasikan program-program komputer yang menjadi kebutuhannya. Tolak ukurnya adalah peserta mengenal dan bisa dalam mengoperasikan sistem operasi aplikasi Microsoft office 2007.

Saran
      Program pelatihan komputer ini sesuai dengan sasaran, sehingga respon positif mengalir dari para peserta pelatihan. Manfaat dari hasil pelatihan telah langsung dapat dirasakan dipraktikkan oleh para guru dan staf pelatihan untuk keperluan dinas yaitu untuk mengerjakan laporan, pembuatan surat formal dan media pembelajaran presentasi. Dengan demikian, Kepala Sekolah SD Negeri 8 Sekayu Musi Banyuasin mengusulkan supaya tetap terjalin komunikasi dan kerjasama dalam bidang yang sama yaitu Teknologi Informasi khususnya aplikasi perkantoran. Buah fikir beliau setelah diadakan pelatihan ini yaitu supaya diadakan pelatihan dengan tema yang sama untuk seluruh Kepala Sekolah Dasar di lingkungan Sekayu Musi Banyuasin.

Advertisements

One Response to Pengabdian kepada Masyarakat

  1. Pingback: Pengabdian pada Masyarakat | Tie science by sharing

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s